Proposal Bisnis Kayasa Gear

Ringkasan Eksekutif

Kayasa Gear adalah start-up produsen pakaian dan perlengkapan pengendara motor dan target pasarnya masyarakat umum.Kayasa Gear tidak hanya mengembangkan koleksi perlengkapan dan pakaian,tetapi didukung dengan iklan dan kampanye promosi.Perusahaan berencana untuk memperkuat kemitraan dengan pengecer dengan mengembangkan kesadaran merek.Untuk memasarkan koleksinya sebagai alternatif untuk pakaian yang sudah ada,dan membedakan diri dengan strategi pemasaran,ekskulusivitas,dan kesadaran merek yang tinggi.

Kunci pesan Kayasa Gear adalah pakaian serbaguna.Rencana promosi perusahaan adalah beragam dan mencakup berbagai pemasaran.Di masa depan,perusahaan berharap untuk mengembangkan garis aksesoris untuk pria,wanita,dan anak-anak.Aksesories ini akan mencakup helm,sarung tangan,kacamata,dll`

Prospek pengembangan usaha sangat menjanjikan mengingat pasar yang cukup besar dengan trend yang terus meningkat sedangkan rencana mengembangkan usaha:

  1. Startegis pemasara:

A. Pengembangan Produk

B. Pengembangan wilayah perusahaan

C. Promosi

D. Strategis Penetapan Harga

  1. Pengembangan produksi dan penambahan kapasitas produksi
  2. Penambahan dan pengembangan sumber daya manusia
  3. Pemanfaatan teknologi informasi

 

 Ringkasan Perusahaan

 Misi

              Misi perusahaan adalah untuk memberikan penampilan baru bagi konsumen,berdasarkan gaya,kegunaan dan kualitas.

 

 Status Hukum Perusahaan

            Kayasa Gear didirikan sebagai perusahaan patungan dengan kantor utama yang terletak di

Bekasi.Semua operasi,dari administrasi untuk strategis pemasaran,berlangsung di lokasi kantor di Bekasi.

 Strategi

 Strategi Kaya Gear adalah secara agresif mengembangkan dan memasarkan koleksi lengkap kepa konsumen yang kepada konsumen.Peruasahaan bermaksud  untuk memasarkan koleksi lini sebagai alternatif untuk pakain dan perlengkapan yamng ada dan membedakan dirinya .melalui strategi pemasaran,ekskusivitas,dan keadaran merek.Kayasa Gear bermaksud untuk membangun portofolio inti produk dan mengatasi seegala hambatan dengan menggunakan keahlian perusahaan dalam industri pakaian.

            Tujuan perusahaan adalah untuk membuat dampak besar pada industri pakaian dan perlengakapan motor,menciptakan permintaan konsumen yang besar dan memberikan kenyamanan bagi pengendara motor saat dalam perjalanan mengendarai motor.Tujuan perusahaan ke depan adalah menyediakan pakaian dan perlengkapan motor yang lengkap dan bervariasi.

 Produk

 Produk Kayasa Gear akan di jual dengan harga pada menengah ke atas untuk mencerminkan kaulitas dan ekslusivitas yang terkait dengan merek.Perusahaan akan menggunakan bahan seperti kulit (leather),campuran wol,pakaian mesh dan tekstil demin.Variasi produk awal mulai dari:

  1. Jacket kulit,mesh dan tekstil.
  2. Rompi kulit dan tekstil.
  3. Perlindungan perlengkapan badan

 Variasi produk kedepannya kan diciptakan sejaln dengan kemajuan dan pertumbuhan penjualan.

 Biaya Produksi

 Biaya produksi produk Rompi kami sekitar Rp.48.550,-.Harga jual  rompi di jual Rp.56.000,-dengan margin 15%.Produksi awal sekitar 10 unit dengan baiaya Rp.495.500,-

Rompi

No

Biaya Tetap

 

 

1

Transport

 

 

50.000

 

Total F.C

 

 

50.000

 

Biaya TK

 

 

 

1

Kain

5

12.000

60.000

2

Busa

5

7.500

37.500

3

Kulit imitasi

5

15.000

75.000

4

Resleting

9

7.000

63.000

5

Tali Lock

20

5.000

100.000

6

T.K

1

100.000

100.000

 

TotalV.C

 

 

435.000

 

 

 

 

 

 

Total Cost

 

 

485.500

 

Unit

10

 

 

 

Harga/Unit

48.550

 

 

 

 

 Kegiatan Pemasaran dan Distribusi

 Pemasaran

 Memberikan contoh atau sample kepada calon konsumen dalam memperkenalkan produk sehingga diharapkan dapat menarik jumlah permintaan produksi.Perusahaan akan mengikuti pameran dan bazar yang akan diselenggarakan di wilayah operasional.Tujuan adalah untuk memperkenalkan produk dan menciptakan permintaan.Selain itu juga akn memasarkan produk melalui hubungan dengan agen dan retail pakaian.Pengguna medis komunikasi online seperti internet dan socnial media akan digunakan untuk mencapai target konsumen yang lebih spesifik dan jangkauan luas.Pemasaran melalui media cetak yang berhubungan dengan kendaraan motor.Pemasaran melalui event-event kegiatan kendaraan motor seperti touring,pameran motor dll.

 Target Pemasaran

 Target konsumen kami masyarakat umum yang berkendarai motor.segmen pasar yang di tuju adalah remaja dan dewasa yang berkendaraan motor yang jumlahnya sangat banyak menurut AISI (Asosiasi Industri Motor Indonesia) sekitar 3,3 juta pada tahun 2011 dan setiap tahun terus meningkat.

 Penjualan Dan Distribusi

 Kayasa gear berencana menggunakan distribusi secara langsung,eceran dan internet untuk menjangkau pasar.Saluran distribusi ini paling tepat karena waktu akses ke pasar,keperluan modal yang sedikit,dan akses cepat ke saluran distribusi yang suda berdiri.Produksi akan dilaksanakan secara lokal kemudian akan mencari lokal produksi lain yang berbiaya rendah.Perusahaan dapat beroperasi sebagai pengecer atau produsen (grosir) atau keduanya.Memproduksi dan memasarkan pakaian dan aksesories sendiri dan menjual hanya untuk saluran eceran.Perusahaan menjual produknya kepada pengecer dan konsumen (melalui outlet ritel).

Pesaing

 Industri pakaian sangat kompetitif dan terfragmentasi.pesaing kami meliputi:

  1. Desainer pakaian
  2. Produsen
  3. Distributor
  4. Impotir
  5. Pembeli lisensi
  6. Pengecer

 Beberapa di antara mungkin menjadi pelanggan kami.Persaingan dapat meningkatkan karena kami memperluas ke pasar lain atau perusahaan lain memperluas ke pasar kami.Beberapa dari pesaing kami mungkin dapat beradaptasi dengan perubahan permintaan konsumen lebih cepat,mencurahakan sumber daya yang lebih besar untuk membangun merek tau mengadopsi kebijakan harga yang lebih agresif dari pada kami.

            Selain itu,sehubungan dengan bisnis kami,pengecer pelanggan kami dapat menimbulkan ancaman kompetitif yang signifikan oleh sumber produk mereka secara langsung atau pemasaran merek mereka sendiri (private label).Faktor-faktor kompetitif dalam industri pakaian dapat mengakibatkan penjualan berkurang,biaya meningkat,harga yang lebih rendah untuk produk kami dan margin menurun.

            Kami percaya bahwa kesuksesan kami bergantung pada kemampuan untuk terus mengembangkan,mencari sumber,memasarkan dan menciptakan inovasi,dan menjual merek.Produk-produk ini harus ditawarkan dengan harga yang kompetitif di masing masing saluran distribusi.Pertumbuhan penjualan dari merek akan sangat tergantung pada kemampuan kami untuk terus mempertahankan dan meningkatkan identitas merek.

 

 

 

 S.W.O.T

 Strenght

  1. Semakin banyak populasi berkendraan motor dan produk yang ditawarkan banyak sekali.
  2. Produk yang ditawarkan serbaguna dan praktis.
  3. Produk yang ditawarkan merupakan kebutuhan manusia.
  4. Produk yang ditawarkan terjangkau tetapi terkesan akslusif.

 Weaknes

  1. Kapasitas produksi yang masih rendah.
  2. Peralatan kurang lengkap dan belum memadai.

 Oppurtunities

  1. Peluang pasar dalam negeri sangat besar.
  2. Inovasi dan desain produk dapat terus di kembangkan.
  3. Variasi produk yang variasi.
  4. Belum banyak toko yang menyediakan perlengakapan motor.

 Treats

  1. Munculnya pesaing yang lebih besar dengan produk yang murah.
  2. Tuntutan konsumen sendiri.
  3. Meningkatkan daya saing dari negara-negara lapisan bawah yang mengimpor kwe indonesia.

Struktur Organisai

 

               
     
 
           
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Job Description

  1. Pimpinan Produksi                  : Mengawasi dan mengontrol keberlangsungan perusahaan.
  2. Divisi Keuangan Perusahaan : Mencatat dan mengotrol semua pembiayaan dan keuangan.
  3. Divisi Operasional                   : Melakukan pengawasan terhadap persediaan bahan baku dan                          barang perlengakapan untuk proses produksi.
  4. Divisi Pemasaran                     : Mempublikasi dan mendistribusi produk kepada konsumen.
  5. Divisi Produksi                          : Melakukan pengawasan dari awal hingga akhir proses produksi.

 

 Rencana Keuangan

 Kayasa Gear modal mendapat pinjaman sebesar Rp.400.000 dan modal investor Rp.400.00 biaya bunga dibayarkan setiap akhir bulan sebesar 25%.

 Analisis Break-even

            Perkiraan titik impas penadapatan (break-even revenue ) sebesar Rp.485.500,- apabila pendapatan lebih dari Rp,.485.500,- maka perusahaan menghasilkan uang.

 Titik impas per unit sebesar 10 unit,apabila lebih dari 10 unit perusahaan akan mendapatkan keuntungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Proyeksi Arus Kas

                                                                        Kayasa Gear

                                                                                                                                                Rp

 

Start

Nov

Des

Jan

Feb

Mar

Aprl

Mei

CASH RECEIPTS

 

500.000

600.000

550.000

600.000

650.000

700.000

700.000

Cash Sales

 

 

 

 

 

 

 

 

Modal Pemilik

400.000

 

 

 

 

 

 

 

Loan/Other cash inj

400.000

 

 

 

 

 

 

 

TOTAL CASH RECEIPTS

800.000

500.000

600.000

550.000

600.000

650.000

700.000

700.000

CASH PAID OUT

 

 

 

 

 

 

 

 

Transportasi

 

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

Bahan Baku

 

500.000

300.000

300.000

300.000

300.000

300.000

300.000

Internet

 

100.000

100.000

100.000

100.000

100.000

100.000

100.000

Bahan Promosi

 

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

Anggaran tak terduga

 

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

SUBTOTAL

0

750.000

550.000

550.000

550.000

550.00

550.000

550.000

Ow ners’Withdraw al

 

 

 

 

 

 

 

 

TOTAL CASH PAID OUT

0

750.000

550.000

550.000

550.000

550.000

550.000

550.000

Kas Awal

800.000

550.000

412.500

275.000

187.500

150.000

162.500

175.000

Pembayaran Hutang

 

187.500

137.500

137.500

137.500

137.500

137.500

137.500

Kas Akhir

 

362.500

275.000

137.500

50.000

12.500

25.000

37.500

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Proyeksi Laba/Rugi

Income Statement           Kayasa Gear

Period Starting:

Nov

Des

Jan

Feb

Mar

Aprl

Mei

TOTAL

 

Sales

 

 

 

 

 

 

 

 

Sales

650.000

650.000

700.000

600.000

650.000

700.000

700.000

4.650.000

Other

 

 

 

 

 

 

 

0

Total Sales

650.000

650.000

700.000

600.000

650.000

700.000

700.000

4.650.000

 

Less Cost Of Goods Sold

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan Baku

500.000

 

300.000

 

300.000

 

300.000

1.400.000

Labor

100.000

100.000

100.000

100.000

100.000

100.000

100.000

700.000

Overhead

 

 

 

 

 

 

 

0

Other

 

 

 

 

 

 

 

0

Total Cost Of Goods Sold

600.000

100.000

400.000

100.000

400.000

100.000

400.000

2.100.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gross Profit

50.000

550.000

300.000

500.000

250.000

600.000

300.000

2.550.000

 

Operating Expense

 

 

 

 

 

 

 

 

Transport

 

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

300.000

Internet

 

100.000

100.000

100.000

100.000

100.000

100.000

600.000

Marketing/Promotion

 

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

50.000

300.000

Biaya Bunga

 

187.500

137.500

137.500

137.500

137.500

137.500

875.000

Total Operating Expense

0

387.500

337.500

337.500

337.500

337.500

337.500

2.075.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Operating income

50.000

162.500

(37.500)

162.500

(87.500)

262.500

(337.500)

475.000

 

Bunga

 

 

 

 

 

 

 

0

Other Income (expense)

 

 

 

 

 

 

 

0

Total Nonoperating Income (expense)

0

0

0

0

0

0

0

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Income(loss)Before Taxes

50.000

162.500

(37.500)

162.500

(87.500)

262.500

(37.500)

475.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Income Taxes

 

 

 

 

 

 

 

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Net Income (loss)

50.000

162.500

(37.500)

162.500

(87.500)

262.500

(37.500)

475.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cumulative Next Income(loss)

50.000

212.500

175.000

337.500

250.000

512.500

475.000

475.000

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s