Artikel Mengenai Langkah-langkah Manager Dalam Mengelola Sumber Daya Fisik dan Sumber Daya Konseptual

A. PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

 

Didalam  suatu Perusahaan Sistem Informasi Manajemen sangat dibutuhkan sebagai dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia,dokumen,tekhnologi,dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk,layanan atau strategi bisnis.

Salah tujuan Sistem Informasi Manajemen yaitu menyediakan informasi yang akurat dipergunakan dalam perencanaan,pengendalian,pengevaluasian,dan perbaikan serta  pencatatan berkelanjutan.Begitu juga menyediakan informasi yang dibutuhkan manajemen dalam pengambilan suatu  keputusan.

Untuk menjaga konsistensi perusahaan dalam menjalankan Sistem Informasi Manajemen,maka diperlukan Sumber Daya sebagai hal yang paling penting untuk kelangsungan perusahaan terhadap persaingan bisnis yang sangat ketat.

 

B. PEMBAHASAN/ISI

 

Sumber daya dibagi menjadi 2 kelompok yaitu sumber daya fisik dan sumber daya konseptual.Sumber daya fisik meliputi manusia, material, mesin, dan uang. Sedangkan sumber daya konseptual meliputi informasi data.

Sumber daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien atau usang. Seperti pelatihan pegawai atau konstruksi suatu bagian mesin yang khusus.

Tugas manajer meliputi pengelolaan sumber daya fisik dan mencakup pengelolaan sumber daya konseptual. Dengan mendapatkan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang.Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain.Semakin besar skala operasi perusahaan,manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menganggap informasi sebagai sumber daya yang paling penting.

Menurut McLeod(1998)Manajemen Informasi adalah seluruh aktivitas untuk memperoleh informasi,menggunakannya seefektif mungkin,dan membuangnya pada saat yang tepat.

Alasan para manajer memberikan perhatian yang sangat besar terhadap manajemen informasi perusahaannya adalah:

1.         Kompleksitas  kegiatan bisnis yang semakin meningkat

            a.         Pengaruh ekonomi internasional

                        Pengaruh tersebut dapat terlihat pada nilai relative mata uang dari setiap Negara.

b.         Persaingan dunia

Dampak persaingan dapat terlihat pada impor dari luar negeri.

c.         Kompleksitas teknologi yang meningkat

Perusahaan melakukan investasi pada teknologi supaya dapat melaksanakan operasi yang diperlukan.

d.         Batas waktu yang singkat

                        Contoh:para wiraniaga melakukan pemasaran melalui telepon(Telemarketing)untuk menghubungi pelanggan.

e.         Kendala-kendala social

Keputusan-keputusan bisnis harus didasarkan pada factor-faktor  ekonomis,tapi keuntungan dan biaya social hartus juga dipertimbangkan.

2.         Kemampuan computer yang semakin baik

Pemakai sekarang tidak memandang computer sebagai sesuatu yang istimewa tapi sebagai bagian peralatan kantor yang dibutuhkan.Banyak sekali computer mikro yang dihubungkan dengan computer-komputer lain dalam suatu jaringan.

Dalam pengelolaan manajemen informasi pada perusahaan,manajer sangatlah berperan penting,sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki beberapa keahlian dan pengetahuan manajemen.Seorang manajer yang berhasil banyak memiliki keahlian,tapi ada 2 yang mendasar yaitu:

a)         Keahlian Komunikasi

Manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan dan tertulis.Komunikasi tertulis meliputi laporan,surat,memo,email,dan terbitan berkala.Sedangkan Komunikasi lisan terjadi pada saat rapat,menggunakan telepon,voice mail,meninjau fasilitas,kunjungan social.

b)         Keahlian Pemecahan Masalah

Pemecahan Masalah(Problem Solving)sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan.Hasil dari aktivitas pemecahan masalah adalah solusi.

Untuk pengetahuan manajemen,ada 2 jenis pengetahuan manajer yang merupakan kunci didalam manajemen informasi menggunakan computer yaitu:mengerti computer dan mengerti innformasi.

c)         Mengerti computer yaitu pengetahuan mengenai computer yang mencakup pengertian istilah-istilah computer serta kemampuan menggunakan computer.

d)         Mengerti informasi yaitu pengetahuan yang meliputi bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosuder pemecahan masalah,dimana informasi diolah dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.

e)         Pada sebuah perusahaan dibutuhkan seorang manager yang mampu menggabungkan sumber daya fisik dan sumber daya konseptual. Manager yang bertanggung jawab adalah Chief Information Officer (CIO). CIO adalah manager jasa informasi yang dapat mengelola dan menggunakan sumber daya informasi tersebut. Seorang CIO harus mempunyai rencana strategis untuk mengelola sumber daya informasi tersebut dalam jangka waktu panjang. Pendekatan yang digunakan oleh para CIO disebut dengan Strategy Planning for Information Resource (SPIR).Para CIO harus mampu juga membuat konsep Manajemen Sumber Daya Informasi (IRM).

 

C. KESIMPULAN

 

Jadi langkah-langkah manajer dalam mengelola Sumber Daya Fisik meliputi:

  1. Manusia(Man)
  2. Material sumber daya fisik
  3. Mesin termasuk fasilitas dan energy
  4. Uang(money)

Sumber daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien .Contohnya rekruitmen pegawai baru, dsb.

Sumber daya fisik merupakan sumber daya yang dipunyai perusahaan berupa gedung, peralatan-peralatan, modal maupun 8 unsur elemen lingkungan di sekitar perusahaan yaitu pemasok, masyarakat keuangan, pemerintah, masyarakat global, pelanggan, pesaing, pemegang saham atau pemilik, dan serikat pekerja.

Sedangkan langkah-langkah manajer dalam mengelola Sumber Daya Konseptual yaitu information(termasuk data)dimana Tugas manajer meliputi pengelolaan sumber daya fisik dan mencakup pengelolaan sumber daya konseptual. Dengan mendapatkan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang. Seluruh kegiatan tersebut memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin, dan membuangnya di saat yang tepat, hal ini disebut manajemen informasi.

Sebuah perusahaan yang mempunyai sumber daya fisik yang handal dikombinasikan dengan penggunaan sumber daya konseptual, maka perusahaan tersebut akan mampu bersaing dengan perusaah lainnya. Sumber daya konseptual dapat berupa informasi. Informasi adalah data yang mempunyai arti dan telah di olah.

Sumber daya konseptual yang berupa informasi mempunyai beberapa jenis sumber sbb :

  1. Perangkat keras komputer (Hardware)
  2. Perangkat lunak komputer (Software)
  3. Spesialis informasi
  4. Pemakai
  5. Fasilitas
  6. Database
  7. Informasi

D. REFERENSI

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen

http://www.scribd.com/doc/51770850/sim-minggu1

http://www.google.com

 

 

 

 

Nama: Meirina Raspalia

NPM: 44210326

Kelas: 3DA03

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s