System ekonomi Indonesia

 

Jika kita mengacu pada dua bentuk ekstrim system ekonomi yang ada,maka system ekonomi kita dapat dikatagorikan sebagai system ekonomi campuran(mixed economy).Sebagaimana disinggungkan dimuka,jika kita berbicara mengenai sautu system yang sifatnya nasional,maka kajiannya tidak bisa dilepaskan dengan pola corak dan pandangan hidup sifatnya nasiaonal pula.

Dalam realita yang ada,kita dapat melihat bahwa Negara liberal  akan mengembangkan system ekonomi  liberal-kapitalis.Begitu pula Negara berfaham sosialis,akan  mengembakan suatu system ekonomi  yang sesuai idoelogi sosialis.Sistem ekonomi merupakan bagaian dari system  kemasyarakatan ,sehingga tak mungkin lepas dari falsafah kemasyarakatan yang dianut bangsa kita.

Penyusunan suatu system ekonomi nasional  Indonesia haruslah mangacu pasa idologi pancasila,dan produk-produk perundang-undangan lainnya yang pembetukannya dijiwai oleh ideologi bangsa tersebut.

Yang merumuskan prinsip-prinsip dasar system ekonomi nasional Indonesia,yaitu:

  1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan.
  2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
  3. Bumi,air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh ngara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Kalimat-kalimat yang tersurat dan makna yang tersirat di balik pasal tersebut mrupakan tonggak dari system ekonomi Indonesia.Dalam arti lembaga-lembaga ekonomi,yaitu lembaga distribusi,produksi,dan konsumsi,mekanismenya selaras dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi nasional Indonesia.

Walaupun permasalahan yang di hadapi oleh setiap system atau masyarakat ekonomi adalah sama,namun pemecahan masalah tersebut berbeda-beda.Dalam system ekonomi kapitalis-liberal,masalah-masalah ini diserahkan sepenuhnya pasa mekanisme  pasar,sedangkan dalam system ekonomi sosialis,umumnya direncanakan atua diputuskan oleh pemerintah.

 

Sumber:system ekonomi utang luar negri dan isu-isu ekonomi politik Indonesia(Edy Suandi Hamid)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s